Cegah Konflik, Kapolres Kendal Berikan Pembinaan Dalam Giat Organisasi Kemasyarakatan serta Keagamaan Oleh FORKOPIMDA | Tribrata News Kendal

Cegah Konflik, Kapolres Kendal Berikan Pembinaan Dalam Giat Organisasi Kemasyarakatan serta Keagamaan Oleh FORKOPIMDA

IMG-20160803-WA0210

Tribratanewskendal.com – Dalam rangka menciptakan kondusifitas di wilayah Kendal, Kapolres Kendal AKBP Maulana Hamdan, SIK bersama Bupati serta jajaran Forkompimda lainnya dan juga Forum Kerukunan Umat Beragama mengikuti Giat Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan serta Keagamaan di Operation Rooms Pemkab Kendal, Selasa (2/8/2016).

Dalam kegiatan tersebut Kapolres menyampaikan bahwa Forkopimda, FKUB, Tokoh agama dan masyarakat adalah tiang penyangga konstruksi sosial di tengah masyarakat. Koordinasi, komunikasi, sinergitas & soliditas adalah elemen utama membangun situasi aman dan tentram agar pembangunan dapat berjalan dengan lancar lancar.

Kapolres juga menjelaskan perbedaan dan keragaman yang bersatu adalah kekuatan negara.

“Bangsa kita telah lama berdiri di tengah kemajemukan. Toleransi atau tepo seliro antar umat beragama juga jadi budaya bangsa kita. Maka justru aneh kalau ada intoleransi yang terjadi saat ini”, kata Kapolres.

Selain itu Kapolres menambahkan bahwa semua berlindung dibawah tenda yang sama yaitu tenda  NKRI. Tenda ini jangan sampai terkoyak karena konflik sosial antar umat beragama.

“ Apabila tenda roboh dan terkoyak maka semua penghuninya yang heterogen dari suku, agama, ras, antar golongan yang berbeda akan menerima dampaknya. Konflik hanya membawa sengsara dan tidak bermanfaat” tegas Kapolres.

Tahapan-tahapan konflik sesuai Teori perilaku kolektif Neil Smelser dan upaya pencegahannya juga dijelaskan oleh Kapolres. Rehabilitasi Pasca konflik tetap menyisahkan duka, luka dan dendam yang kadang sulit dilupakan.

“Mari kita bersama-sama bersinergi untuk mencegahnya dan mengatasinya”, pungkas AKBP Maulana Hamdan.

Mengenai akan dibangunnya KIK (Kawasan Industri Kendal) yang akan diresmikan Presiden RI dan PM Singapura. Kapolres mengatakan suatu kehormatan dan anugerah diberikan kepada warga Kendal. Dukung kami Kepolisian untuk menciptakan situasi aman dan kondusif agar memberikan kesan Kendal sebagai kota ramah investasi.

[ Brigadir Bagus Prakoso – Humas Polres Kendal ]

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*