KUNJUNGAN MENKUMHAM DI KENDAL : Lapas Klas IIB Bleder Kendal Akan Dijadikan Lapas Produktif | Tribrata News Kendal

KUNJUNGAN MENKUMHAM DI KENDAL : Lapas Klas IIB Bleder Kendal Akan Dijadikan Lapas Produktif

lap1

lap3

Tribratanewskendal – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laolly melakukan kunjungan ke Lapas Kelas IIB Terbuka Kendal, Jawa Tengah, Senin (21/3/2016). Menkumham dalam kunjungannya tersebut didampingi oleh Dirjen Pemasyarakatan, Tim Badan Pertimbangan Pemasyarakatan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kapolres Kendal AKBP Widiatmoko, SIK beserta Forkompimda Kendal juga turut mendampingi kedatangan Menkumham di Lapas yang berada di Beleder Desa Kartikajaya Kabupaten Kendal.

Kunjungan Menkumham tersebut dalam rangka upaya pemberdayaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Lembaga Pemasyarakatan yang dilakukan oleh pemerintah dan untuk meninjau langsung Lapas Kelas IIB Kendal yang berupa lahan subur seluas 107,5 hektar yang dapat dikembangkan dan telah dimanfaatkan untuk tambak dan ternak udang serta untuk lahan budidaya buah seperti buah naga, kelengkeng, jambu, jeruk, papaya dan mangga.

Menurut Menkumham Lapas Klas IIB Kendal ini akan dicanangkan menjadi Lapas produktif atau lapas industry untuk wilayah Jawa Tengah.

“sesuai dengan target dari kementrian bahwa setiap propinsi harus ditetapkan salah satu lapas menjadi lapas produktif atau industri”, kata Yasonna.

Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Tengah akan menggandeng beberapa pihak swasta untuk turut serta memberdayakan lahan pada lapas ini. Dengan adanya kerjasama ini diyakini dapat memberikan beberapa keuntungan terhadap investor dan warga binaan lapas itu sendiri.

“warga binaan permasyarakatan akan mendapatkan keterampilan sebagai bekal hidup nantinya setelah menjalani masa pidananya”, tambahnya.

Sementara itu Kapolres Kendal menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan pengamanan baik pengamanan terbuka maupun pengamanan tertutup dengan adanya kunjungan dari pejabat Negara yaitu Menkumham di Wilayah Kabupaten Kendal ini.

“Untuk kelancaran kunjungan Menkumham Bapak Yasonna, Polres  Kendal telah siapkan pengamanan baik di lokasi Lapas, pengamanan jalur maupun pengamanan tertutupnya”, tutur AKBP Widi Atmoko.

[ Brigadir Bagus Prakoso – Humas Polres Kendal ]

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*