Takut Ditilang, Ternyata Diberi Helm Oleh Polantas Kendal | Tribrata News Kendal

Takut Ditilang, Ternyata Diberi Helm Oleh Polantas Kendal

MVI_9336.MOV_000007103

MVI_9340.MOV_000002545

Seorang pengendara sepeda motor yang hendak mengantar anaknya ke sekolah kaget saat dihentikan petugas dari Satuan Lalu Lintas Polres Kendal di traffic light perempatan Masjid Agung Kendal, Kamis (29-10-2015). Ia takut ditilang karena anak yang diboncengnya tidak memakai helm. Namun oleh petugas yang menghentikannya itu bukannya ditilang, namun malah memberikan helm kepada anaknya yang tidak memakai helm.

“Tadi saya sempat kaget dan mengira akan dikenakan tilang karena anak saya tidak pakai helm saat akan saya antar ke sekolah. Tapi anak saya ternyata diberi helm oleh Polisi katanya untuk keselamatan anak-anak. Saya jadi tidak enak dan terimakasih untuk Pak Polisi”, ujar Herwanto pengendara sepeda motor warga Bugangin.

Kegiatan dari Polres Kendal ini untuk mengajarkan kepada orangtua akan keselamatan berkendara khususnya kepada anak-anaknya. Kepala Kepolisian Resor Kendal Ajun Komisaris Besar Polisi Widi Atmoko, SIK melalui Kaur Pembinaan Operasional Sat Lantas Inspketur Polisi Satu Edi Susanto menyampaikan pembagian helm ini untuk memberikan pengertian kepada orangtua tentang pentingnya menggunakan helm pengaman kepada anak-anaknya. Bagi orangtua, memberi pengamanan keselamatan  bagi anak-anaknya sangat perlukarena dengan menggunakan helm selain bisa mencegah dari benturan juga melindungi anak dari angin dan debu jalan yang juga berbahaya bagi kesehatan anak.

“Kadang orangtua menyepelekan keselamatan berkendara terhadap anak-anaknya. Seringkali masih terlihat anak yang membonceng orangtuanya tanpa mengenakan helm, padahal resiko keselamatan anak yang tidak menggunakan helm lebih fatal”, tambahnya.

MVI_9346.MOV_000002982

MVI_9338.MOV_000000893

Sementara itu pengendara lainnya yang sudah tertib mengenakan helm baik orangtua dan anaknya juga menjadi perhatian dari Polres Kendal. Mereka juga turut dihentikan bukan untuk diperingatkan, namun petugas memberikan hadiah berupa bingkisan alat tulis. Kegiatan bagi-bagi helm untuk anak dan bingkisan alat tulis ini dalam rangka memberikan pendidikan tertib berlalu lintas sejak dini.

Dengan himbauan Keselamatan Berlalau Lintas bagi anak-anak saat mebonceng sepeda motor diharapkan bisa meningkatkan kesadaran pentingnya mengenakan helm pengaman. Disamping pembagian helm dan bingkisan kepada pengendara sepeda motor, Polres Kendal juga berkampanye dengan poster di jalan untuk memberikan pengetahuan keselamatan lalu lintas bagi anak-anak.

[ Brigadir Bagus Prakoso – Humas Polres Kendal ]

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*