Polres Kendal Pasang Barikade di Titik Rawan Macet Saat Arus Mudik | Tribrata News Kendal

Polres Kendal Pasang Barikade di Titik Rawan Macet Saat Arus Mudik

01950.MTS_000001369

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kendal – Guna mengantisipasi kemacetan saat arus mudik lebaran Tahun 2018 di sepanjang pantura Kendal, selain diakibatkan pasar tumpah juga akibat kendaraan yang akan memutar arah di bukaan jalan. Untuk mengatasi hal itu Polres Kendal salah satunya merekayasa dengan pemasangan barikade di bukaan-bukaan jalan yang dianggap rawan. Terutama di Pasar Cepiring karena biasanya terjadi pasar tumpah akibat membludaknya pedagang dan pembeli menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H nanti.

Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya menyampaikan sepanjang jalur utama mudik di Pantura Kendal ada beberapa titik kemacetan seperti Pasar Cepiring, Pasar Kendal, Pasar Weleri dan Pasar Pagi Kaliwungu.

“Tapi yang berada persis di jalur pantura dan menimbulkan kemacetan ada di Pasar Cepiring,” terang Kapolres belum lama ini.

Tak hanya membangun Pos Pengamanan (Pospam) dimana di Pospam tersebut akan ditempatkan personel yang siaga 24 jam, jajaran Satlantas Polres Kendal  juga memasang barikade dan menutup sejumlah bukaan jalan untuk menjaga arus mudik agar tetap aman.

Sehingga kendaraan yang hendak memutar arah akan dialihkan ke bukaan jalan tertentu yang tidak ditutup dan akan diatur oleh petugas agar tidak menimbulkan kemacetan. Bersama Dishub Polres Kendal berencana juga akan menutup fasilitas putar balik jalan atau U-Turn di sepanjang jalur pantura Kendal.

“Seperti persimpangan jalan Cepiring, dan juga U-Turn dari cepiring sampai Gondang akan kami tutup. Tapi masyarakat masih bisa memutar melalui U-Turn depan Pabrik Gula Cepring yang cukup luas sedangkan di barat ada di Pom Bensin Gondang,” jelas Kapolres.

Menutup persimpangan dan U-turn itu dilakukan mengingat di sepanjang jalur pantura cepiring banyak sekali u-turn dan persimpangan kecil yang berpotensi menimbulkan kemacetan jalan. Meski sudah ada tol, tapi tol belum bisa berfungsi penuh karena hanya sebagai jalur fungsional saja maka dari itu pengamanan jalur pantura juga tetap perhatikan.

Bagus Prakoso – Humas Polres Kendal

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*